Selasa, 31 Maret 2015

cara memasang wifi Router murah plus praktis

Cara Pasang WiFi Router Murah plus praktis

Mau pasang WiFi dirumah? Kalo iya berarti harus tahu dulu gimana cara pasang WiFi router atau cara settingnya, biar ga sia-sia. Uda beli eh tapi gatau cara masang WiFi.. Kan rugi. Hehe.. Kalo dapet yang harganya murah sih mungkin gpp. Tapi kalo mahal? Wew.. Setting WiFi Internet Router Murah dirumah ternyata cukup mudah lho.. Selain itu bermanfaat juga karena satu akses Internet bisa dipake buat bareng-bareng..
Oiya, sebelum bahas tentang gimana cara pasangnya, bahas wireless routernya dulu yuk. Kira-kira berapaan sih harga WiFi Router? Ada ga WiFi Router yang Murah tapi kualitasnya yahud? Pasti ada donk. WiFi Router Murah bisa dicari kok.. Sekarang WiFi Router yang 4 port aja udah ada yang murah-murah… Biasanya merek2 TECOM, XYZEL (ato ZyXEL ya lupa) D-Link (yang 1 port) harganya sekitar 300-400rb. Merk yang bagusan seperti Belkin juga ada yang harganya murah mulai dari 400ribuan..

Sebelumnya mungkin bisa ditengok dulu artikel Pasang WiFi di Rumah di blog saya satu lagi.. Nah sekarang baru bahas cara masang WiFi Router. Biarpun dirumah sini uda dipasang WiFi, tapi terus terang aja bukan berarti saya tahu cara masangnya gimana.. Huahaha.. Karena waktu itu dipasangin sama kakak saya.. Tapi kira-kira seperti ini nih, nemu dari Yahoo :

Untuk WiFi, cukup menggunakan perangkat Access Point, atau Wireless Router. Saya sarankan menggunakan Wireless Router, supaya bisa Internet Sharing saat diperlukan.
Secara pribadi, saya menyukai LinkSys WRT54GL, terutama karena firmware didalamnya bisa diganti dengan firmware lain yang banyak kelebihannya.
Harga WRT54GL di Jakarta sekitar 500rb-600rb.

Apabila PC yang tersedia belum ada WiFi card, silahkan membeli WiFi NIC Card, seperti LinkSys WMP54G (harga 300rb-an).

Set up standard harusnya semua sudah bisa berjalan otomatis untuk membuat WiFi LAN.

Apabila anda ingin menghubungkan WiFi dirumah dengan Internet, silahkan berlangganan Internet yang menyediakan output di Modem menjadi Ethernet, misalnya KabelModem (berlangganan Internet melalui FirstMedia) atau ADSLModem (melalui Speedy). Tinggal pasang di ‘WAN’ port anda, maka Internet akan di sebarkan di WiFi LAN anda, menjadi sebuah HotSpot. Seperti disebutkan oleh yang lain, sebaiknya anda mengubah setting security, supaya WiFi HotSpot anda tidak digunakan oleh orang luar.

Semoga artikelnya bermanfaat.. Yang pasti sekarang ini saya pake Fastnet dari FirstMedia, pake router Belkin bisa dapet deh akses WiFi dirumah. Pasangnya gampang, cuma pas setting softwarenya di komputer yang agak njelimet

Satu lagi, jangan lupa diproteksi pake password. Kalo gak nanti tetangga-tetangga bisa pake Internetan gratis pake WiFi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar